Wednesday, September 20, 2017

Plafond atau juga sering disebut langit-langit adalah suatu lapisan yang membatasi antara rangka rumah dengan rangka atap.Kualitas plafond banyak dipengaruhi oleh bentuk atau struktur bangunan secara keseluruhan dan jenis bahan plafond yang digunakan

JENIS JENIS BAHAN PLAFOND
        Plafond atau juga sering disebut langit-langit adalah suatu lapisan yang membatasi antara rangka rumah dengan rangka atap.Kualitas plafond banyak dipengaruhi oleh bentuk atau struktur bangunan secara keseluruhan dan jenis bahan plafond yang digunakan.
        Ini disebabkan setiap jenis bahan plafond memilki karakter dan spesifikasi yang berbeda-beda.Pemilihan jenis bahan plafond harus disesuaikan dengan kebutuhan agar desain dan fungsi yang direncanakan dapat tercapai.


 1.Plafond Tripleks
    Plafon berbahan tripleks merupakan  jenis penutup plafon yang sering dipakai.Bahan pebuatan plafond ini adalah kayu kaso. Ukuran tripleks dipasaran adalah 122 cm x 244 cm dengan ketebalan 3 mm, 4 mm dan 6 mm. Pemasangan plafon ini dapat dipasang lembaran tanpa dipotong-potong maupun dapat dibagi menjadi empat bagian supaya lebih mudah dalam penataan dan pemasangannya. Rangka plafon dapat menggunakan kayu kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm.Namun jika menginginkan rangka yang kuat gunakan kayu kasa 5/7.sedangkan untuk tripleksnya gunakan  6mm.
   
    2Plafond Eternit/Asbes
            Asbestos atau panggilan akrabnya asbes, merupakan gabungan enam mineral silikat alam.Dalam pasaran ukuran plafon eternit  adalah 1.00 m x 1.00 m dan 0.50 m x 1.00 m. Cara   pemasangan pun sama dengan plafon tripleks. Anda dapat menggunakan kasau 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm untuk rangka plafon.        .

    3.    Plafond Fiber
            Saat ini plafon fiber sudah banyak digunakan. Dalam aplikasi untuk plafon rumah menggunakan papan GRC (Glassfiber Reinforced Cement Board). Harganya relatif murah dibandingkan dengan tripleks. GRC Board mempunyai ukuran 60 cm x 120 cm dengan ketebalan standar 4 mm. Rangka plafon dapat mengunakan kasau 4/6 atau 5/7 maupun besi hollow 40 mm x 40 mm
    4.    Plafond Gypsum
            Saat ini,plafond gypsum telah menjadi menjadi favorit masyarakat Indonesia. Ukuran untuk plafon adalah 122 cm x 244 cm. Untuk rangka seperti anda dapat menggunakan kayu maupun metal furing.Penggunaaan kayu sebagai rangkanya akan lebih kuat saat dipijak.Namun jika digunakan pada rumah bertingkat sebaiknya pada lantai dibawah di anjurkan rangka metal furing saja.

    5.    Plafond Akustik
            Plafon akustik solusi bagi Anda yang merencanakan sebuah ruangan yang dapat meredam kebisingan. Karena plafon akustik merupakan plafon yang tahan terhadap batas ambang kebisingan tertentu. Ukuran yang tersedia adalah 60 cm x 60 cm dan 60 cm x 120 cm. Plafon akustik dapat dipasang dengan rangka kayu atau bahan metal pabrikan yang sudah jadi.

    6.     Plafond PVC
            Plafond PVC terbuat dari Plastik Poly Vinyl Chloride,. Teknik pemasangannya pun mudah yaitu dengan system knockdown. Plafon PVC pada umumnya sudah dengan finishing warna dan motif sehingga tidak perlu tambahan pekerjaan dan biaya cat.

    7.    Plafond kayu/lembasering
            Papan kayu atau lembar sering adalah kayu olahan yang di buat bentukmenjadi lembaran lembaran biasanya berukuran 1/9 cm yang di keringkan dengan open untuk mengurangi kadar airnya sehingga pada saat diaplikasikan tidak terjadi penyusutan lagi.plafond lembar sering biasanya di gunakan untuk plafond di luar bangunan.Finishing plafond kayu biasanya menggunakan impra sehingga warna kayunya lebih kelihatan.

    8.    Plafond metal

            Bahan dasar dari plafond metal adalah lempengan metal tipis yang di embos sehingga terctak berbagai motif dan ukiran dan kemudian ditambah dengan finishing dengan cat minyak.Untuk saat ini motif dan ukiran plafond metal lebih dominan dengan unsur klasiknya.

No comments:

Post a Comment

Aluminium Composite Panel dewasa ini sangatlah populer karena perawatannya sangat mudah dilakukan, Alumunium composite panel dapat dibersihkan kembali apabila sudah terlihat kotor

Aluminium Composite Panel sanggup memberikan nilai tambah pada bangunan atau gedung yang menggunakan Aluminium Composite Panel. Pemesanan ...